Orang yang tidak cukup berani mengambil resiko, tidak akan meraih apapun di dalam hidup ini (Muhammad Ali) Perlu seumur hidup untuk menunggu orang lain mempercayai anda, lebih baik mulailah dengan mempercayai diri sendiri lebih dahulu (Chef) Perubahan adalah sesuatu yang wajar tidak tersanjung bila sukses, dan tidak patah semangat bila gagal (Dirk Mathisan) Berikanlah sebanyak mungkin waktu untuk memperbaiki diri sehingga anda tidak punya waktu lagi untuk mengkritik orang lain (Thomas Jefferson) Melakukan hal biasa dengan cara luar biasa akan membawa anda ke masa depan yang luar biasa
Tulis buku tamu
Home > Berita
Sabtu 5 Juli 2014, 12:21 WIB
PUSING dan PINGSAN

Ada beberapa penyebab pusing, untungnya sebagian besar rasa pusing itu ringan, cepat berlalu dan tidak berbahaya. Pusing dapat disebabkan banyak hal, termasuk kerena obat, infeksi dan stress. Kata “pusing” juga sebetulnya bisa melukiskan berbagai perasaan.

Vertigo dan Kehilangan Keseimbangan

Veritigo adalah perasaan seakan-akan Anda atau sekeliling Anda berputar. Anda bisa merasa ruangan seperti berputar, atau Anda merasa putaran itu terjadi didalam tubuh  atau kepala sendiri. Vertigo biasanya berkaitan dengan masalah telinga dalam. Telinga dalam memiliki satu organ yang sangat peka dalam merasakan gerakan. Penyakit virus, trauma fisik, atau gangguan lain dapat menyebabkan alat itu mengirim pesan palsu ke otak.

Kehilangan keseimbangan adalah perasaan dimana Anda merasa harus berpegangan pada sesuatu untuk mempertahankan keseimbangan tubuh Anda. Kehilangan keseimbangan yang hebat membuat Anda sulit untuk berdiri tanpa jatuh.

Kepala Terasa Ringan dan Pingsan

Kepala terasa ringan mencangkup perasaan pusing, melayang atau hampir pingsan. pingsan adalah kehilangan kesadaran secara mendadak dan dalam waktu singkat. Pingsan terjadi bila otak tidak mendapatkan cukup darah serta oksigen yang dibawanya. Meskipun menakutkan, pingsan bukanlah alasan untuk cemas. Begitu Anda berbaring terlantang, darah akan mengalir ke otak dan Anda akan siuman kembali dalam waktu kurang lebih satu menit. Pingsan dapat disebabkan oleh gangguan medis, seperti penyakit jantung, serangan batuk hebat serta gangguan sirkulasi. Pada kasus lain, pingsan bisa berkaitan dengan beberapa hal berikut ini :

  • Berdiri terlampau cepat
  • Akibat obat tekanan darah tinggi dan denyut jantung tak menentu
  • Keringat yang berlebih sehingga kehilangan banyak natrium dan dehidrasi
  • Kelelahan yang luar biasa
  • Mendengar berita menyedihkan, mengejutkan atau stres luar biasa karena melihat darah misalnya.

Turunnya tekanan darah dengan cepat, yang disebut hipotensi postural,terjadi ketika Anda berdiri dengan cepat dari posisi duduk atau membungkuk. Setiap orang mengalami reaksi ini dalam derajat ringan. Anda merasa kepala anda menjadi ringan atau seperti mau pingsan, dan hal itu biasanya berlangsung dalam hitungan detik. Kalau keadaan itu mengarah ke pingsan atau kehilangan kesadaran, barulah hal itu menjadi lebih serius. Keadaan itu sering terjadi setelah seseorang mandi hangat atau pada orang yang sedang menjalani pengobatan untuk mengendalikan tekanan darah.

Perawatan Sendiri

jika penglihataan menjadi gelap atau Anda merasa seperti mau pingsan, sandarkan atau letakkan kepala Anda di kursi atau meja. Usahakan untuk berbaring dan naikkan kedua kaki sedikit untuk mengembalikan darah ke jantung. Kalau tidak mampu berbaring, membungkuklah ke depan dan taruhlah kepala Anda di antara kedua lutut.

Pencegahan

  • Berdiri dan ubahlah posisi perlahan-lahan, terutama bila ingin menoleh dari satu sisi yang lain atau bila dari berbaring mau berdiri. Ketika bangun di pagi hari, sebelum turun dari tempat tidur, duduklah dulu di pinggir tempat tidur selama beberapa menit.
  • Aturlah diri Anda. Selingi dengan istirahat bila Anda bekerja di tempat yang panas dan lembab. Pakai pakaian yang sesuai dengan keadaan supaya tidak kepanasan.
  • Minum cukup untuk menghindari dehidrasi dan agar sirkulasi baik.
  • Hindari merokok, minum alkohol, serta obat terlarang.
  • Jangan mengemudikan mobil atau peralatan berbahaya jika sedang pusing.
  • Jangan naik turun tangga.
  • Periksalah obat-obatan Anda sendiri. Mungkin perlu bertanya kepada dokter untuk penyesuaian.

Pertolongan Medis

Gejala ringan yang terjadi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan ada kemungkinan disebabkan penyakit sistem syaraf yang serius. Karena masalah pusing dan keseimbangan banyak penyebabnya, maka dalam membuat diagnosis biasanya dibutuhkan riwayat medis lengkap dan beberapa tes.

Menghadapi vertigo yang muncul mendadak, selain menghindari posisi atau gerakan yang bisa menimbulkan pusing, dokter dapat pula menganjurkan pemberian obat penenang, antimual dan pengaturan posisi.

Pergilah ke dokter bila :

  • Pusing sangat hebat, berlangsung lama (beberapa hari atau minggu) atau timbul berulang-ulang.
  • Anda sedang minum obat tekanan darah tinggi.
  • Tinja berwarna kehitaman atau ada darah atau ada tanda kehilangan darah lainnya.

Cari segera pertolongan medis bila :

  • Anda pingsan kalau memalingkan kepala atau menjulurkan leher, atau bila disertai seperti nyeri dada atau kepala, sulit bernapas, mati rasa atau lemas, yang berkepanjangan, denyut jantung tidak teratur, penglihatan kabur, linglung atau sulit berbicara.
  • Gejala tersebut di atas timbul saat bangun tidur.
  • Seseorang pingsan tanpa tanda-tanda awal.
  • Ini merupakan serangan pingsan pertama untuk korban tanpa alasan yang jelas.
  • Korban mengalami cidera pada saat pingsan

Sampai pertolongan dokter tiba, lakukan hal berikut : bila korban dalam keadaan berbaring, buatlah dia tidur terlentang. Awasi saluran pernapasannya, sering kali orang muntah setelah pingsan. Kalau terlihat korban mau muntah, miringkan tubuhnya. Perhatikan apakah korban masih bernapas dan perhatikan denyut nadinya. Naikkan kedua kaki korban lebih tinggi daripada posisi kepala. Kalau korban yang pingsan masih dalam posisi duduk, cepat baringkan dia. Kendurkan bagian pakaian yang ketat.  

 

Sumber Pustaka:

Rocher, Minnesota.2002.MAYO CLINIC Pedoman Perawatan Sendiri.Jakarta : Intisari

Berita Lainnya
Find us on :
AKADEMI KEPERAWATAN PANTI KOSALA SURAKARTA
Jalan Raya Solo – Baki Km. 4 Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo,
Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (0271) 621313 Faks. (0271) 621672
Email. akperpk@yahoo.com
LOGIN E-JURNAL DIKTI