Orang yang tidak cukup berani mengambil resiko, tidak akan meraih apapun di dalam hidup ini (Muhammad Ali) Perlu seumur hidup untuk menunggu orang lain mempercayai anda, lebih baik mulailah dengan mempercayai diri sendiri lebih dahulu (Chef) Perubahan adalah sesuatu yang wajar tidak tersanjung bila sukses, dan tidak patah semangat bila gagal (Dirk Mathisan) Berikanlah sebanyak mungkin waktu untuk memperbaiki diri sehingga anda tidak punya waktu lagi untuk mengkritik orang lain (Thomas Jefferson) Melakukan hal biasa dengan cara luar biasa akan membawa anda ke masa depan yang luar biasa
Tulis buku tamu
Home > Berita
Senin 7 Juli 2014, 14:49 WIB
Nyeri Haid

Kebanyakan perempuan sering mengalami kram sewaktu haid. Selama haid, anda merasa sakit diperut bagian bawah, kadang meluas ke pinggul, punggung bagian bawah, atau paha. Bahkan ada yang merasa mual, muntah, diare, atau sakit. Bila anda mengalami rasa sakit yang demikian hebat hingga perlu minum obat untuk dapat melakukan kegiatan rutinnya.

Bila tidak ada kelainan ginekologis, rasa nyeri itu disebut dismenorea primer.Hal ini disebabkan karena tingginya kadar prostaglandin (suatu zat yang membuat otot-otot rahim berkontraksi dan melepaskan dindingnya). Meskipun sakit, dismenorea primer tidak berbahaya. Rasa nyeri ini biasanya lenyap pada pertengahan usia 20-an atau setelah melahirkan.

Rasa nyeri yang disebabkan oleh gangguan ginekologis disebut dismenorea sekunder. Hal ini bisa disebabkan oleh tumor fibroid (suatu tumor jinak pada dinding rahim), penyakit yang ditularkan akibat hubungan seksual, endometriosis, penyakit radang pinggul, adanya kista atau tumor pada indung telur.

Perawatan Sendiri

  • Anda dapat minum obat anti radang non steroid atau aspirin untuk menghilangkan rasa nyeri. Sekitar 80% perempuan terbantu dengan obat ini.
  • Cobalah berendam di bathub dengan air hangat bisa juga dengan mengompres air hangat atau berolah raga.

Pertolongan Medis

Dokter akan memberikan obat untuk mengurangi rasa nyeri. Bila tidak diketahui penyebabnya, pil-pil KB dapat mengurangi rasa nyeri. Segeralah ke dokter kalau nyeri haidnya hebat atau disertai demam, kalau anda merasa mual yang tidak biasanya, muntah atau nyeri perut atau kalau tetap nyeri setelah hari ketiga haid.

Haid yang Tidak Teratur

Perempuan kadang-kadang mengalami ketidakteraturan haid. Haid yang tidak teratur itu bisa disebabkan oleh perubahan kadar hormon akibat stres atau sedang emosi, perubahan drastis dalam jumlah latihan aerobik atau perubahan berat badan yang drastis. Olahraga yang berlebihan pada perempuan kurus dapat menghentikan haid.

Perawatan Sendiri

  • Simpan catatan siklus haid anda selama 3 bulan. Catat hari pertama haid, pada hari keberapa haidnya banyak, kapan haidnya berhenti, dan saat-saat bersetubuh. Semua ini untuk mengevaluasi perubahan haid.
  • Apabila haid anda tidak teratur lebih dari 3 siklus, segeralah pergi ke dokter.
  • Apabila anda tidak haid selama 1 bulan dan telah berhubungan seksual, lihat apakah ada tanda-tanda kehamilan.

Perdarahan di antara Masa Haid

Perdarahan yang kadang terjadi di antara masa haid, adalah hal biasa. Perdarahan bisa terjadi secara spontan atau karena persetubuhan. Lazimnya perdarahan seperti ini tidak serius hanya karena variasi siklus hormon. Stres, pil kontrasepsi baru, polip (tumbuhan jinak pada jaringan), dan banyak hal lain yang dapat mempengaruhi haid anda. Namun, perdarahan yang tidak normal bisa menjadi pertanda awal kanker, karenanya segera ke dokter untuk dievaluasi.

 

Sumber Pustaka:

Rocher, Minnesota.2002.MAYO CLINIC Pedoman Perawatan Sendiri.Jakarta : Intisari 

Berita Lainnya
Find us on :
AKADEMI KEPERAWATAN PANTI KOSALA SURAKARTA
Jalan Raya Solo – Baki Km. 4 Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo,
Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (0271) 621313 Faks. (0271) 621672
Email. akperpk@yahoo.com
LOGIN E-JURNAL DIKTI