Orang yang tidak cukup berani mengambil resiko, tidak akan meraih apapun di dalam hidup ini (Muhammad Ali) Perlu seumur hidup untuk menunggu orang lain mempercayai anda, lebih baik mulailah dengan mempercayai diri sendiri lebih dahulu (Chef) Perubahan adalah sesuatu yang wajar tidak tersanjung bila sukses, dan tidak patah semangat bila gagal (Dirk Mathisan) Berikanlah sebanyak mungkin waktu untuk memperbaiki diri sehingga anda tidak punya waktu lagi untuk mengkritik orang lain (Thomas Jefferson) Melakukan hal biasa dengan cara luar biasa akan membawa anda ke masa depan yang luar biasa
Tulis buku tamu
Home > Profile > sejarah singkat
Rabu 2 Januari 2019 , 13:08
sejarah singkat Akper Panti Kosala

Akademi Keperawatan ( AKPER) Panti Kosala Surakarta berdiri sejak tahun 1991 dengan ijin Penyelenggaraan  berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor : HK.00.05.1380 tanggal 31 Mei 1991 adalah salah satu institusi pendidikan keperawatan yang menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang keperawatan.

Dengan menempati ruangan di Lantai 3 Gedung Rumah Sakit Dr OEN Surakarta atau lebih dikenal dengan Rumah Sakit Kandangsapi, AKPER Panti Kosala berupaya mengembangkan pelayanan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Melayani mahasiswa sebagai subyek dan pelanggan, sivitas akademika adalah merupakan tim yang saling bekerjasama serta mengembangkan nilai kesungguhan, ketulusan, keterbukaan dan keinginan maju menjadi dasar untuk terus berkembang.

Tahun Akademi 1991/1992 dimulai dengan memiliki mahasiswa 40 orang, meskipun saat dibuka tahun Ipendaftaran mahasiswa baru mencapai 500 orang, dengan nama besar Yayasan Kesehatan Panti Kosala dan Rumah Sakit Dr OEN tidak terlalu sulit menarik minat masyarakat untuk menempuh pendidikan di AKPER Panti Kosala, hal inilah yang menjadi kekuatan institusi (strenght) sekaligus peluang (opportunity) bagi lulusan AKPER Panti Kosala. Pada tahun-tahun berikutnya alokasi mahasiswa terus meningkat sesuai ketentuan persyaratan Depkes.

Dunia pendidikan dengan segala kecenderungan dan situasi kompetitif merupakan tantangan tersendiri bagi penyelenggara pendidikan. Maka kerangka berpikir, sikap dan tindakan inovatif-kreatif harus disiapkan guna merancang antisipasi dan solusi permasalahan pendidikan. Dengan adanya dukungan penuh dari Yayasan kesehatan Panti Kosala dan komitmen kesungguhan dari manajemen AKPER Panti Kosala maka proses pembelajaran dan penyelenggaraan pendidikan dapat tergambar dari pencapaian hasil Akreditasi dari Depkes yang dimulai tahun 1997 memperoleh strata B, tahun 2002 memperoleh strata B, tahun 2003 memperoleh strata A dan tahun 2008 memperoleh strata A.

Berdasar pada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor: 159/D/O/2004 tanggal 17 September 2004, AKPER Panti Kosala beralih pembinaan dari Depkes ke Diknas. Hal ini untuk menyesuaikan peraturan pemerintah bahwa yang berwenang melakukan pengawasan atas penyelenggaraan pendidikan tinggi adalah Menteri Pendidikan Nasional sesuai amanat Undang- Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang  Sistem Pendidikan Nasional.Masa peralihan tersebut menjadi masa yang tidak mudah bagi institusi pendidikan, tarik  menarik kebijakan dari Depkes dan Diknas menjadikan institusi harus memenuhi persyaratan keduanya, meskipun demikian AKPER Panti Kosala dapat memenuhi semua persyaratan dan kebijakan dengan tepat, hal ini terbukti dengan pencapaian strata akreditasi tahun 2008.

Tahun 2007 merupakan tahun yang istimewa setelah melalui penantian dan pergumulan waktu yang panjang, karena pada tahun itulah AKPER Panti Kosala Surakarta menempati kampus baru yang sangat representatif untuk proses pembelajaran di Jalan Raya Solo-Baki Km 4,  Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo.

Keberadaan kampus baru dan ketersediaan fasilitas pembelajaran yang representatif, sudah barang tentu memberikan suntikan semangat untuk terus meningkatkan diri, sejalan dengan visi-misi dan tujuan AKPER Panti Kosala, terlebih dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat tersebut juga menghadirkan konsekuensi logis bahwa AKPER Panti kosala harus memberikan pertanggungjawaban yang lebih besar kepada masyarakat.

Tahun 2010 merupakan tahun untuk pertama kalinya AKPER Panti Kosala menjalani penilaian proses pengelolaan dan penyelenggaraan program akademik dari Dikti melalui BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Pencapaian nilai akreditasi C yang diperoleh AKPER Panti Kosala juga dirasakan oleh semua institusi pendidikan kesehatan, tetapi hal ini tetap memacu sivitas akademika untuk menghadapi tantangan dan kendala yang ada dalam menyikapi arahan dan kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional.

Pengelolaan AKPER Panti Kosala dilandasi prinsip-prinsip: kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan adil. Dalam pelaksanaan pengelolaan institusi berlaku ketentuan-ketentuan organisasi, panduan dan pedoman pelaksanaan kegiatan akademik untuk sivitas akademika, sistem penghargaan dan sanksi sesuai dengan peraturan kepegawaian yang berlaku. Setiap panduan atau pedoman dalam rangka penyelenggaraan kegiatan senantiasa disosialisasikan.

Sistem penjaminan mutu AKPER Panti Kosala mengacu pada standar ISO 9001 : 2008 berdasarkan sertifikat No. 62163/A/0001/UK/En tanggal 10 Pebruari 2014 yang dikeluarkan oleh United Registrar Of System (URS), maka seluruh proses penyelenggaraan dan perangkat pendukung termasuk sumber daya wajib menjalankan standar yang berlaku. Selain itu, sistem penjaminan mutu eksternal di AKPER Panti Kosala dilakukan dengan menjalankan akreditasi program studi pada tahun 2015 dengan memperoleh nilai B sesuai Surat Keputusan LAM-PTKes Nomor 0044/LAM-PTKes/Akr/Dip/IX/2015.

AKPER Panti Kosala melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui 2 (dua) jalur yaitu umum dengan melalui tes atau ujian CBT (Computer Based Test) dan PMDP (Penelusuran Minat Dan Prestasi) berdasarkan seleksi administratif nilai raport. Setelah proses tersebut calon mahasiswa juga harus melalui tes kesehatan untuk dapat diterima sebagai mahasiswa baru. Jumlah pendaftar dari tahun ke tahun mengalami pasang surut namun tetap melebihi kuota yang diterima.

Program pembelajaran di AKPER Panti Kosala sampai saat ini dapat berjalan dengan baik karena dukungan dari berbagai komponen baik Yayasan, pihak internal institusi dan pihak eksternal lain. Dengan dukungan 21 orang dosen sesuai kompetensinya, AKPER Panti Kosala terus berbenah meningkatkan diri baik secara kualitas maupun kuantitas.

Struktur kurikulum dan kompetensi mahasiswa AKPER Panti Kosala disusun berdasarkan pendekatan sistem pembelajaran yang mengarah ke Student Center Learning dimanapembelajaran berpusat pada keaktifan mahasiswa dengan mengembangkan model Problem Based Learning(PBL). Saat ini beban studi yang dikembangkan adalah 116 SKS yaitu kurikulum yang berbasis kompetensi (KBK) dengan model semi blok yang  terdiri mata kuliah sebagai ciri khusus institusi AKPER Panti Kosaladan sesuai pengembangan kurikulum Asosiasi Pendidikan DIII Keperawatan Indonesia (AIPDIKI)

Untuk mendorong terciptanya suasana akademik yang mendukung maka AKPER Panti Kosala  telah menetapkan kebijakan tentang peningkatan suasana akademik, diharapkan akan tercipta suasana dan budaya akademik yang berkembang baik melalui kuliah umum, diskusi ilmiah, presentasi mahasiswa, kegiatan kerohanian, seminar, pelatihan dan kegiatan akademik lainnya.

Sebagai wujud dari Tridharma Perguruan Tinggi, maka AKPER Panti Kosala terus berupaya mengadakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan sesuai dengan misi ke empat AKPER Panti Kosala. Untuk mencapai sasaran mutu yang direncanakan, setiap dosen harus melakukan masing-masing satu kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat setiap semester. AKPER Panti Kosala telah menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang terlibat di dalam pengembangan pembelajaran serta peningkatan program pelayanan di dalam masyarakat yang mengutamakan keterlibatan mahasiswa.

Ke depan tantangan masih banyak yang harus dilalui, yang harus disikapi secara positif sebagai bagian dari proses dan dinamika penyelenggaraan pendidikan. Dengan dilandasi semangat dan cita-cita membangun diri, AKPER Panti Kosala terus berupaya menjalankan amanat 


Find us on :
AKADEMI KEPERAWATAN PANTI KOSALA SURAKARTA
Jalan Raya Solo – Baki Km. 4 Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo,
Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (0271) 621313 Faks. (0271) 621672
Email. akperpk@yahoo.com
LOGIN E-JURNAL DIKTI