Orang yang tidak cukup berani mengambil resiko, tidak akan meraih apapun di dalam hidup ini (Muhammad Ali) Perlu seumur hidup untuk menunggu orang lain mempercayai anda, lebih baik mulailah dengan mempercayai diri sendiri lebih dahulu (Chef) Perubahan adalah sesuatu yang wajar tidak tersanjung bila sukses, dan tidak patah semangat bila gagal (Dirk Mathisan) Berikanlah sebanyak mungkin waktu untuk memperbaiki diri sehingga anda tidak punya waktu lagi untuk mengkritik orang lain (Thomas Jefferson) Melakukan hal biasa dengan cara luar biasa akan membawa anda ke masa depan yang luar biasa
Tulis buku tamu
Home > Berita
Sabtu 25 Juli 2020, 09:12 WIB
Menyiapkan Anak yang Mandiri

Kemandirian merupakan hal yang perlu diajarkan pada anak sejak kecil. Meskipun seringkali orang tua merasa tidak tega, namun mengajarkan anak mandiri sejak kecil bisa memberikan pengaruh yang baik untuk anak saat dewasa nanti. Cara melatih anak mandiri bisa dimulai dari hal-hal yang sederhana. Cara sederhana yang dapat digunakan untuk melatih anak menjadi mandiri bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

1. Membereskan mainannya sendiri

Pada awalnya, orang tua bisa membantu anak untuk mengumpulkan mainannya, untuk berikutnya berikan kesempatan pada anak untuk membereskan mainannya sendiri.

2. Makan sendiri

Melatih anak untuk belajar makan sendiri penting untuk dilakukan, supaya anak bisa makan sendiri tanpa harus selalu disuapi. Pada awalnya memang sulit dan membutuhkan kesabaran dalam melatih anak untuk makan sendiri.

3. Toilet training

Toilet training bisa dilakukan ketika anak sudah mulai bisa bicara dengan jelas dan membedakan keinginan untuk BAB atau BAK.

4. Beri tugas rumah sederhana

Orang tua bisa meminta anak untuk membuang sampah pada tempatnya, mengambilkan barang atau mengembalikan barang pada tempatnya.

 

Dengan mendidik anak menjadi lebih mandiri sejak kecil, maka orang tua sudah memberikan bekal yang sangat berharga untuk masa depan anaknya nanti.

Berita Lainnya
Find us on :
AKADEMI KEPERAWATAN PANTI KOSALA SURAKARTA
Jalan Raya Solo – Baki Km. 4 Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo,
Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (0271) 621313 Faks. (0271) 621672
Email. akperpk@yahoo.com
LOGIN E-JURNAL DIKTI