Orang yang tidak cukup berani mengambil resiko, tidak akan meraih apapun di dalam hidup ini (Muhammad Ali) Perlu seumur hidup untuk menunggu orang lain mempercayai anda, lebih baik mulailah dengan mempercayai diri sendiri lebih dahulu (Chef) Perubahan adalah sesuatu yang wajar tidak tersanjung bila sukses, dan tidak patah semangat bila gagal (Dirk Mathisan) Berikanlah sebanyak mungkin waktu untuk memperbaiki diri sehingga anda tidak punya waktu lagi untuk mengkritik orang lain (Thomas Jefferson) Melakukan hal biasa dengan cara luar biasa akan membawa anda ke masa depan yang luar biasa
Home > Berita
Kamis 6 Februari 2014, 14:16 WIB
Penderita Maag, Makan Tepat Waktu dan Jauhi Stres!!!

                                       

PENCERNAAN BERMASALAH MEMANG MENYEBALKAN, APALAGI BILA SUDAH MENDERITA SAKIT MAAG, SALAH MAKAN SEDIKIT SAJA, PERUT LANGSUNG TERASA PERIH, MAU TAK MAU ASUPAN NUTRISI HARUS DISESUAIKAN DENGAN KONDISI KESEHATAN PENCERNAAN KITA.

 

Hidup di kota besar dengan kesibukan dan aktivitas yang padat kerap membuat kita tidak terlalu memperhatikan pola makan dengan benar. Malah terkadang, karena begitu sibuknya, telat makan adalah hal yang biasa. Tidak peduliperut terasa perih dan keroncongan, yang penting pekerjaan tidak terlambat dan targetpun dapat tercapai.

Itulah kebiasaan buruk masyarakat kota besar. Tanpa disadari, mereka sudah menjalani pola hidup yang tidak sehat. Tak heran bila keluhan pada pencernaan sering dialami oleh sebagian orang, terutama mereka yang memiliki pola makan tidak teratur. Ujung-ujungya, sakit maag pun menjadi langganan.

KENALI SAKIT MAAG

Sakit maag atau gastritis, berasal dari kata gaster yang artinya lambung. Gastritis adalah peradangan dari mukosa dinding lambung, yang biasanya disebabkan oleh faktor iritasi dan infeksi. Di dalam lambung terdapat enzim-enzim pencernaan, seperti pepsin dan asam lambung, serta mucus yang berfungsi untuk melindungi dinding lambung.

Bila terjadi ketidakseimbangan diantara enzim tersebut, misalnya asam yang berlebih atau mucus yang berkurang, maka dapat mengiritasi dinding lambung sehingga terjadi proses peradangan (gastritis). Pada sakit maag akut, gejala yang sering muncul adalah nyeri ulu hati, sakit pada perut bagan atas yang dapat membaik atau malah memburuk ketika makan disertai mual, muntah dan tidak nafsu makan.

Dan, tahukah Anda, stress juga dapat menyebabkan maag? Asam lambung akan meningkat jika seseorang mengalami stress, sehingga keseimbangan di dalam lambung terganggu dan dapat menyebabkan peradangan. Jadi selain makan teratur dengan nutrisi yang tepat, jangan lupa untuk menjauhi stress.

KENALI MAKANAN YANG TEPAT

Jika anda dinyatakan menderita sakit maag, sebaiknya kenali jenis-jenis makanan yang tak mengganggu maag anda. Kuncinya adalah, makanlah dalam porsi kecil dengan frekuensi sering. Penderita maag disarankan untuk mengonsumsimakanan yang dapat mengurangi serangan nyeri lambung, seperti kentang, pisang, brokoli, dan lidah buaya. Makan-makanan tersebut dipercaya dapat menetralisir asam lambung dan juga dapat memberirasa kenyang yang lebih lama.

Kentang adalah, sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa di pagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum anda menyantap makanan lain.

Pisang, kandungan kaliumnya yang cukup tinggibermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman lambung). Pisang juga memberikan rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Efek lainnya adalah menekan produksi asam lambung yang berlebihan sehingga melindungi dinding lambung dari terjadinya luka. Efek proteksi yang lain adalah dengan meningkatkan aktivasi sel dalam memproduksi mucus sehingga memproteksi dinding lambung terhadap asam lambungnya sendiri. Pisang mengandung zat protease inhibitor yang menghilangkan bakteri di dalam lambung. Pilihlah pisang yang sudah matang untuk mencegah efek individual berupa rasa tidak nyaman di perut sebagian orang.

Lidah buaya bermanfaat mempercepat penyembuhan luka termasuk luka pada lambung. Kandungan saponin-nya mempunyai kemampuan antiseptic, sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinon-nya berkhasiat sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit. Selain itu, kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk peradangan saluran cerna.(Dr. Elia Indrianingsih, SpGK - Eka Hospital)

Berita Lainnya
Find us on :
AKADEMI KEPERAWATAN PANTI KOSALA SURAKARTA
Jalan Raya Solo – Baki Km. 4 Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo,
Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (0271) 621313 Faks. (0271) 621672
Email. akperpk@yahoo.com
LOGIN E-JURNAL DIKTI