Orang yang tidak cukup berani mengambil resiko, tidak akan meraih apapun di dalam hidup ini (Muhammad Ali) Perlu seumur hidup untuk menunggu orang lain mempercayai anda, lebih baik mulailah dengan mempercayai diri sendiri lebih dahulu (Chef) Perubahan adalah sesuatu yang wajar tidak tersanjung bila sukses, dan tidak patah semangat bila gagal (Dirk Mathisan) Berikanlah sebanyak mungkin waktu untuk memperbaiki diri sehingga anda tidak punya waktu lagi untuk mengkritik orang lain (Thomas Jefferson) Melakukan hal biasa dengan cara luar biasa akan membawa anda ke masa depan yang luar biasa
Tulis buku tamu
Home > opini
Sabtu 1 Agustus 2020

 

 

 

 

 

 

Pada masa pandemi covid-19 ini, kita harus lebih ekstra menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan virus corona. Untuk menjaga kesehatan kita dapat memanfaatkan buah yang mudah didapatkan disekitar kita. Jeruk nipis adalah salah satu buah yang sangat mudah didapat dan mempunyai banyak manfaat. Rata-rata dalam satu buah jeruk nipis mengandung 30 miligram vitamin C. Jumlah tersebut sudah mencukupi 30 persen kebutuhan hatian vitamin C untuk tubuh. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, mempercepat proses penyembuhan dan menangkal virus seperti virus influenza. Selain itu, jeruk nipis juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, membantu membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak, sehingga mengkonsumsi jeruk nipis dibarengi dengan olahraga dan pola makan yang sehat dapat membantu menurunkan lemak dan mengurangi berat badan.

Cara mengkonsumsi jeruk nipis cukup mudah. Peras 2-3 jeruk nipis lalu campurkan dengan air hangat dan minum. Bisa juga mencampurkannya dengan madu agar tidak terasa terlalu asam. Satu gelas kecil sehari cukup membantu menjaga kondisi tubuh. Bila dilakukan secara teratur, tubuh pun akan memiliki kekebalan tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Apabila Anda mempunyai penyakit lambung, sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi buah ini dan lebih baik konsultasi ke dokter terlebih dahulu karena kandungan jeruk nipis yang bersifat asam dapat memicu gangguan lambung.

Sabtu 1 Agustus 2020

Pap smear adalah salah satu pemeriksaan untuk deteksi dini kanker serviks. Tes Papanicolou smear atau disebut tes pap smear merupakan pemeriksaan sitologi untuk sel di area serviks. Sampel sel-sel diambil dari serviks wanita untuk memeriksa tanda-tanda perubahan pada sel. Tes pap smear dapat mendeteksi displasia serviks atau kanker serviks.Tes ini dilakukan pada usia:

1. Umur 21 – 30 tahun atau yang telah melakukan hubungan badan secara aktif dianjurkan untuk memeriksakan diri. Aturan umumnya adalah tes ini dilakukan pertama kali 3 tahun, lalu anjuran melakukan pap smear 2 tahun sekali untuk efektifitas.

2. Umur 30-70: setiap 2-3 tahun lagi jika 3 pap smear terakhir normal.

3. Umur diatas 70: dapat menghentikan jika 3 pap smear normal terakhir atau tidak ada Paps  dalam 10 tahun terakhir yang abnormal.

Adapun syarat seorang melakukan pap smear  adalah :

1. Tidak sedang haid.

2. Tidak melakukan hubungan badan 1-3 hari sebelum pemeriksaan dilakukan.

3. Tidak sedang menggunakan obat-obatan vaginal.

4. Tidak sedang meminum obat antibiotik.

Find us on :
AKADEMI KEPERAWATAN PANTI KOSALA SURAKARTA
Jalan Raya Solo – Baki Km. 4 Gedangan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo,
Jawa Tengah, Indonesia
Telp. (0271) 621313 Faks. (0271) 621672
Email. akperpk@yahoo.com
LOGIN E-JURNAL DIKTI